PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM PASIR SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN SAINS DAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI
Ayu Asmah(1*), nFN Mustaji(2)
(1) UNESA Surabaya
(2) UNESA Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 2403 | PDF downloaded : 527
Abstract
Natural Environment which character is constant relatively and all the natural contents that often stimulate children to play, development and learning unlimited but useful. One of the natural things which easy to know is sand. The phenomenon happens nowadays among the learning to the pre- school children is the most of the instant medias are used, so that the students lack of interaction with the nature.This research purposes are: (1) the effect of the sand natural environment as a source of learning on children’s science abilities, (2) the effect of the sand natural environment as a source of learning on children’s fine motor skills, (3) the effect of sand natural environment learning as a source of learning towards children science and fine motor abilities.Base on the research result above, it can be summarized that the use of sand nature environment has the effect to the science and soft motoric ability of the pre- school children. As the following act, it’s adviced to the kindergarten school to improve the learning program by using natural environment as the studying source
Abstrak
Lingkungan alam dengan sifatnya yang relatif menetap beserta segala isinya yang alamiah merangsang anak dalam bermain, perkembangan dan pembelajaran yang tak terbatas serta bermakna. Salah satu bahan alam yang mudah dikenal dan dekat dengan anak adalah pasir. Fenomena yang terjadi sekarang pada pembelajaran anak usia dini yaitu banyaknya penggunaan media instan, sehingga menyebabkan anak kurang berinteraksi dengan lingkungan alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) pengaruh pemanfaatan lingkungan alam pasir terhadap kemampuan sains anak, (2) pengaruh pemanfaatan lingkungan alam pasir terhadap kemampuan motorik halus anak, (3) pengaruh pemanfaatan lingkungan alam pasir secara bersama-sama terhadap kemampuan sains da motorik halus anak. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan alam pasir berpengaruh terhadap kemampuan sains dan motorik halus anak. Disarankan kepada lembaga Taman Kanak-Kanak untuk mengembangkan program pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan alam sebagai sumber belajar
Keywords
References
Andrianto, Dedy. 2011. Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini.
Bilton, Helen. 2005. Learning Outdoors, London: David Fulton Publishers
Crosser, Sandra. 2008. Making The Most of Sand Play. (http://www.earlychildhoodnews.com/earlychildhood/article_view.aspx?ArticleID=62, diakses 20 Nopember 2013)
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Seni, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan Nasional, 2009. Standar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dwirahmah, Erina, 2013. “Peningkatan Kreativitas Melalui Pendekatan Inquiri Dalam Pembelajaran Sains, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 7 No. 2 November 2013, halaman 277-290.
Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan dan jurnal KWANGSAN Vol. 2 - Nomor 1, Nopember 2014Pengembangan Sumber Belajar Anak Usia Dini, Departemen Pendidikan Nasional.
Fox, Jill Englebright. 2008. Back-to-Basics: Play in Early Childhood, (http://www.earlychildhoodnews. com/earlychildhood/article_view. aspx?ArticleID=240, diakses 20 Januari 2014)
Hartono. 2008. Strategi Pembelajaran Active Learning, (http://sditalqalam.wordpress.com/2008/01/09/strategi-pembelajaran-active-learning/, Diakses 4 Nopember 2013)
Hurlock, Elizabeth. 1998. Psikologi Perkembangan, Jakarta: Erlangga
Jarre , Olga, Lee, Stacey French, Bulunuz, Nermin, and Mizrap Bulunuz. 2010. Play In The Sandpit, (http://www.journalofplay.org/ sites/www.journalofplay.org/files/ pdf-articles/3-2-article-play-in-the-sandpit_0.pdf, diakses 13 Juli 2014)
Koran Pendidikan. 2013. Tujuh Prinsip Pengembangan Motorik Halus, (http://paudni.koranpendidikan.com/view/3173/tujuh-prinsip.html, diakses 28 Nopember 2013)
Mariyana, Rita, Nugraha, Ali dan Rachmawati, Yeni. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Mawson, Brent, 2010. Environmental in uences on independent collaborative play, Vol. 1, No. 2, 2010, page 4, (www.education.monash.edu.au/irecejournal/, diakses Pebruari 2012)
Mustaji, 2013. Media Pembelajaran, Surabaya: Unesa University Press Montolalu. 2005. Bermain dan Permainan Anak, Jakarta: Universitas Terbuka.
Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini., Jakarta: Danendra.
Raihan, Rini. 2011. Pengembangan Ketrampilan Menulis Anak Usia Dini Melalui Belajar Visual Pasir dan Jari, (http://riniraihan.wordpress. com/2011/06/06/pengembangan-ke- terampilan-menulis-anak-usia-dini- melalui-belajar-visual-pasir-dan-jari/, diakses 27 September 2013)
Riyanto, Yatim. 2012. Metodologi Penelitian, Surabaya
SIC Rule, Audrey and Stewart, Roger. 2002. “Effects of Practical Life Materials on Kindergartners’ Fine Motor Skills”, Earfly Childhood Education Journal, Vol. 30, No. 1, Fall 2002.
Siregar, Eveline dan Nara, Hartini. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia
Sudono, Anggani. 2006. Sumber Belajar dan Alat Permainan, Jakarta: PT. Gramedia
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta
Sujiono, Bambang. 2007. Metode Pengembangan Fisik, Jakarta: Universitas Terbuka
Sujiono, Yuliani Nurani, Tampiomas, Clony, dan Syamslatin, Evira. 2007. Metode Pengembangan Kognitif, Jakarta: Universitas Terbuka
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT. Indeks
Sujiono, Yuliani Nurani. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak, Jakarta: PT. Indeks
Suparno, Paul. 2001. Teori Perkembangan Jean Piaget, Yogyakarta: Kanisius
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini (Pengantar dalam Berbagai Aspeknya), Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Suyanto, Slamet. 2010. Pengenalan Sains Untuk Anak TK Dengan Pendekatan
Open Inquiry, Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.
Triharso, Agung. 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini, Yogyakarta: ANDI
Trundle, Kathy Cabe. 2009. Teaching Science During The Early Childhood Years, (http://ngl.cengage.com/images/advertisements/marketing_downloads/ PRO0000000028/SCL22-0429A_AM_ Trundle.pdf, diakses 25 Agustus 2013)
Utomo, Prestiadi. 2013. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini, (http://ilmuwanmuda.wordpress. com/pemanfaatan-lingkungan-sebagai-sumber-belajar-untuk-anak-usia-dini/)
Wilson, Ruth. 2008. Nature and Young Children, Routledge: New York
Yatim, Riyanto. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Surabaya: Unesa University Press.
Yulianti, Dwi. 2010. Bermain Sambil Belajar Sains, Jakarta: PT. Indeks
Zaman, Badru. 2007. Media dan Sumber Belajar TK, Jakarta: Universitas Terbuka
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Ayu Asmah, nFN Mustaji
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id