INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK MELALUI PENDEKATAN HYPNOTEACHING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 MUNCAR

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n1.p497--508

Nuruddin Nuruddin(1*), Miftahul Jannah(2)
(1) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract viewed : 833 | PDF downloaded : 86

Abstract

Education holds an important position for achieving the progress of the country. As much as possible education directs students in pursuing their potential. The use of approaches in learning is indeed very important in the success of the expected learning process. The purpose of this study is to describe the processes, constraints and results of internalizing moral values through the hypnoteaching approach in Islamic Religious Education Learning at SMP Negeri 1 Muncar. This research uses a qualitative approach with a descriptive qualitative research type. Subject determination technique is done purposively. Observation technique data collection, interviews, and documentation. Data analysis procedures through data condensation, data presentation, drawing conclusions. The validity of the data uses source triangulation and technical triangulation. The results obtained from this research are, the process of the hypnoteaching approach is carried out at least 5-7 meetings, students are made in a relaxed state and do not lose consciousness, the teacher uses positive sentences to students. The obstacle to this hypnoteaching approach lies with the students themselves, students tend not to focus on following the teacher's directions due to several disturbing factors. The results of this hypnoteaching approach, through the motivation given by the student teacher to become individuals with good morals, the hypnoteaching approach also influences learning activities in the classroom to be more productive because students feel comfortable so that the material can be understood properly.

 

Abstrak.

Pendidikan memegang kedudukan penting untuk tercapainya kemajuan negara. Semaksimal mungkin pendidikan mengarahkan peserta didik dalam mengupayakan potensi yang dimilikinya. Penggunaan pendekatan dalam pembelajaran memang sangat berpengaruh penting dalam keberhasilan proses pembelajaran yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses, kendala serta hasil dari internalisasi nilai-nilai akhlak melalui pendekatan hypnoteaching dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Muncar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik penentuan subyek dilakukan secara purposive. Pengumpulan data teknik obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur analisis data melalui kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu, proses pendekatan hypnoteaching dilakukan minimal 5-7 kali peretmuan, siswa dibuat dalam keadaan yang releks dan tidak kehilangan kesadaran, guru menggunakan kalimat yang positif kepada siswa. Kendala dari pendekatan hypnoteaching ini ada pada siswa itu sendiri, siswa cenderung tidak fokus mengikuti arahan dari guru dikarenakan beberapa faktor yang mengganggu. Hasil dari pendekatan hypnoteaching ini, melalui motivasi yang diberikan oleh guru siswa menjadi pribadi yang berakhlak baik, pendekatan hypnoteaching juga berpengaruh pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas menjadi lebih produktif karena siswa merasa nyaman sehingga materi dapat dipahami dengan baik.

 

Keywords

moral values; hypnoteaching aproach; nilai-nilai akhlak; pendekatan hypnoteaching
--

Full Text:

PDF ***

References

Antonius. (2015). Buku Pedoman Guru. Yrama Widya.

Chabib, T. (2006). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar.

Dian, T. P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Terhadap Hasil Belajar Siswa Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2.

Hanifah, A. N., Sa’adah, N., & Sasongko, A. D. (2019). Hubungan Kemampuan Penalaran Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Smk Melalui Model Pembelajaran Hypnoteaching. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 121. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2692

Huberman, M. B. M. dan A. (2014). Analisis Data Kualitatif (terj. Rohi). UI Press.

J, M. L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. (2010). Evaluasi Pendidikan. UIN Maliki Press.

Puspitasari, W. D. (2018). Implementasi Metode Hypnoteaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1).

Sahlan, M. (2013). Evaluasi Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. STAIN Jember Press.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tri, A. N. (2014). Studi eksperimental model pembelajaran hypnoteaching terhadap hasil belajar kosakata belajar bahasa inggris peserta didik. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1, 1.

Warsah, I., & Uyun, M. (2019). Kepribadian Pendidik: Telaah Psikologi Islami. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 5(1), 62–73. https://doi.org/10.19109/psikis.v5i1.3157

Yustisia, N. (2012a). Hypnoteaching Seni Ajar Mengeksplorasi Otak Peserta Didik. Ar-ruzz Media.

Yustisia, N. (2012b). Seni Ajar Mengeksplorasi Otak Peserta Didik. Ar-Ruz Media.

Zakiyah Qiqi Yuliati. (2014). Pendidikan nilai kajian teori dan praktik di sekolah. Pustaka setia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nuruddin, Miftahul Jannah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id

 

web statistics View My Stats