PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS LITERASI MODEL PISA

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n1.p459--471

Ni Ketut Wedastuti(1*), Sunismi Sunismi(2), Anies Fuady(3)
(1) Pascasarjana Magister Pendidikan matematika, Universitas Islam Malang
(2) Pascasarjana Magister Pendidikan matematika, Universitas Islam Malang
(3) Pascasarjana Magister Pendidikan matematika, Universitas Islam Malang
(*) Corresponding Author

Abstract viewed : 1100 | PDF downloaded : 154

Abstract

The purpose of this research is to determine the validity of the PISA model literacy-based e-module which is valid, practical and effective. The method used in this study is Research and Development which refers to the ADDIE development model. The instruments used were e-module validation sheets, student and teacher response questionnaires, and test methods (pre-test & post-test). Based on the e-module validity test conducted by an expert validator, a score of 85% was obtainedwith a very valid category. The criteria for a good response were also met, because the e-module that was developed received an assessment of student and teacher response questionnaires of 79.11% in the practical category. As for the effectiveness assessment, it was obtained from the n-gain value of 75.5% through the pre-test & post-test during the trial with the effective category. Thus, the developed e-module can be declared valid, practical, and effective.

 

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan e-modul berbasis literasi model PISA  yang valid, praktis dan efektif.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development yang mengacu pada pada model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi e-modul, angket respon siswa dan guru, serta metode test (pre-test&post-test). Berdasarkan uji kevalidan e-modul yang dilakukan oleh validator ahli diperoleh skor 85% dengan kategori sangat valid. Kriteria respon baik juga terpenuhi, karena e-modul yang dikembangkan mendapatkan penilaian angket respon siswa dan guru sebesar 79,11%  dengan kategori praktis.  Sedangkan untuk penilaian keefektifan didapatkan dari nilai n-gain sebesar 75,5%  melalui pre-test&post-testpada saat uji coba dengan kategori efektif. Sehingga, e-modul yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Keywords

e-module; literaty; pisa; e-modul; literasi
--

Full Text:

PDF ***

References

Ahmad, I., & Fauzan, A. (2019). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model Pisa pada Siswa Kelas IX SMP di kota Padang. Jurnal Edukasi dan Penelitian, 8(3) , 110-117.

Alhady, N., Azizah, N. N., & Salsabila, A. (2018). penggunaan smartphone pada kontruksi belajar siswa MTs Negeri 7 . Jakarta.Al-Izzah: Jurnal Haisl-Hasil Penelitian, 13(2) , 241.

Aslik, M., Karyono, H., & Gunawan, W. (2022). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Literasi untuk Mendukung Pembelajaran Daring Bermakna. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 9(1), 56–67. https://doi.org/10.17977/um031v9i12022p056

Aziza, M. (2021). Development of Understanding-Based Basic Arithmetic Operations Module. Kwangsan, Jurnal Teknologi Pendidikan, 09(02), 237–258. https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/download/637/pdf

Barrett, P., Davies, F., Zhang, Y., & Barrett, L. (2015). The impact of classroom design on pupils’ learning: Final results ofaholistic, multi-level analysis. Building and Environment, 89, 118–133. https://doi.org/10.1016/j.buildenv.2015.02.013

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai

Miai Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 15. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2965
DEWANTARA, A. H. (2019). Soal Matematika Model Pisa: Alternatif Materi Program Pengayaan. DIDAKTIKA : Jurnal

Kependidikan, 12(2), 197–213. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.186

Faatin, N. A., & Rusnilawati. (2022). Pengembangan Media Digital Wordwall Ditinjau Dari Kemampuan. KWANGSAN: JJurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 221–235.

Fathirma’ruf, Imansyah, M. N., Asmedy, & Budiman. (2021). Pengembangan E-Modul Berbantuan Aplikasi Team Viewer Dan Whatsapp Untuk Efektivitas Praktikum Jarak Jauh. Kwangsan (Jurnal Teknologi Pendidikan), 09(02), 204–219.

Febiharsa, D., & Djuniadi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 75. https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590

Lin, M. H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3553–3564. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a

Permatasari, A. D., Iftitah, K. N., Sugiarti, Y., & Anwas, E. O. M. (2022). Peningkatan Literasi Indonesia Melalui Buku Elektronik. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 261. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v10n2.p261--282

Rahmah, N. (2018). Belajar Bermakna Ausubel. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 43–48. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.54

Rejekiningsih, T., Budiarto, M. K., & Sudiyanto, S. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Potensi Lokal Untuk Pembelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Di Sma. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 167. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n2.p167--185

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.

Haryanto. (2015). Membangun Kesadaran Kritis Melalui Pendidikan. UNY, 1-27.

Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-modul. 1-30.

Mustakim. (2020). Efektifitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran

Matematika. Al Asma: Journal of Islmac Education, 2(1), 1-2.

NCTM. (2020). principles, standards, and Expectation.

Nisa, H. A. (2020). Efektifitas E-modul Dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 13-25.

Novitasari, & Wilujeng, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP NEGERI 10 TANGGERANG. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2) , 137-147.

OECD. (2020). Mathematics performance (PISA). (2018).

Pratiwi, I. (2019). Efek Program PISA Terhadap Kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1) , 51.

Sholihudin JH, T. (2018). Pengembangan E-modul Berbasis Web untuk Meningkatkan pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika pada Materi Listrik dan Dinamis Sma.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ni Ketut Wedastuti, Sunismi, Anies Fuady

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id

 

web statistics View My Stats