THE INFLUENCE OF TEACHER PERCEPTIONS OF THE NATIONAL ASSESSMENT AND UTILIZATION OF INSTRUCTIONAL MEDIA ON THE QUALITY OF HIGH SCHOOL LEARNING

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n1.p47--65

Arfianto Wisnugroho(1*), Haryanto Haryanto(2)
(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract viewed : 1450 | PDF downloaded : 112

Abstract

Changes to the assessment system with the abolition of the UN (National Examination) and the implementation of the AN (National Assessment) elicited mixed reactions from teachers. AN is not a determinant of graduation but a school quality assessment program. It is necessary to study teachers' perceptions of AN and how these perceptions influence teachers' use of supportive learning media in improving the quality of learning. This study aims to determine the effect of teachers' perceptions of AN and instructional media on the quality of learning in senior high schools in South Aceh District. Quantitative research with a survey research design was carried out using a questionnaire sheet as a research instrument. Data analysis used inferential statistics, namely, linear regression and descriptive statistics, namely, the ideal assessment category. The results show that there is a significant influence between teachers' perceptions of AN and the use of instructional media on the quality of learning.

 

Abstrak.

Perubahan sistem asesmen dengan penghapusan UN (Ujian Nasional) dan penerapan AN (Asesmen Nasional) menimbulkan reaksi yang beragam dari kalangan guru. AN bukanlah penentu kelulusan namun program penilaian mutu sekolah. Kajian tentang persepsi guru terhadap AN dan bagaimana persepsi tersebut memengaruhi guru memanfaatkan media pembelajaran yang mendukung dalam peningkatan kualitas pembelajaran perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi guru terhadap AN dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap kualitas pembelajaran SMA di Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian kuantitatif dengan desain penelitian survei dilakukan dengan menggunakan lembar angket sebagai instrumen penelitian. Analisis data menggunakan statistik inferensial yaitu regresi linear dan statistik deskriptif yaitu kategori penilaian ideal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi guru terhadap AN dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap kualitas pembelajaran.

 

Keywords

Persepsi; asesmen nasional; media pembelajaran; kualitas pembelajaran; Perception; national assessment instructional media; quality of learning
--

Full Text:

PDF ***

References

Dwiningsih, K. and Rahma, P.T., 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Media Laboratorium Virtual Berdasarkan Paradigma Pembelajaran di Era Global. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 156. DOI: http://dx.doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p156--176

Bariroh, Z. 2022. Strategi pengembangan asesmen nasional di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang. Tesis magister pendidikan. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Brown, G.T.L. 2019. Is assessment for learning really assessment? Frontiers in Education, 4(64), 1-7. DOI: 10.3389/feduc.2019.00064.

Budiastuti, D., & Bandur, A. 2018. Validitas dan reliabilitas penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Chrislando, A. 2019. Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan PEPATUDZU, 15(1), 1-7. DOI: http://dx.doi.org/10.35329/fkip.v15i1.303

Dewi, G. K. 2022. Analisis dampak kebijakan asesmen nasional di sekolah menengah atas (studi kasus SMA Swadhipa Natar). Skripsi sarjana pendidikan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Ere, R.L., & Blegur, I.K.S. 2021. Evaluasi pelaksanaan survei lingkungan belajar. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1-8. DOI: https://doi.org/10.35508/fractal.v2i1.3590.

Familiyana, L., Harjono, H. S., & Suryani, I. 2022. Persepsi guru terhadap soal asesmen kompetensi minimum (AKM) literasi membaca di SMP. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing. 5 (1), 74-85. DOI: https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v5i1.1697.

Hamid, A. 2019. Urgensi menciptakan pembelajaran yang berkualitas bagi seorang guru. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(2), 136-147, DOI: https://doi.org/10.36379/autentik.v3i2.44

Handayani, M., Siswantari, Astuti, R., & Hariyanti, E. 2020. Mendukung kualitas pembelajaran melalui sekolah aman dan menyenangkan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Joyce, H., Feez, S., Chan, E., & Tobias, S. 2014. Investigating the Literacy, Numeracy and ICT Demands of Primary Teacher Education. Australian Journal of Teacher Education, 39(9), 111-129. DOI: http://dx.doi.org/10.14221/ajte.2014v39n9.9

Junaidi. 2019. Peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan, 3(1). DOI: https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349.

Meriana, T., & Murniati, E. 2021. Analisis pelatihan asesmen kompetensi minimum. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 110-116. DOI: https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.7.

Muhammedi. 2016. Perubahan kurikulum di Indonesia: Studi kritis tentang upaya menemukan kurikulum pendidikan islam yang ideal. Jurnal Raudhah, 4(1), 49-70. DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v4i1.61.

Ni’amah, A., & Sholikhah, M. 2021. Pengembangan soal asesmen kemampuan minimum (AKM) oleh guru MA Al-Asy’ari Keras Diwek Jombang. Third Conference on Research and Community Services STKIP PGRI Jombang Berinovasi di Masa Pandemi "Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Era Kampus Merdeka-Merdeka Belajar”, 3(1), 1068-1080

Noortyani, R., Mahrudin, Arsyad, M., Saadi, P., Zainuddin, & Sari, A. 2018. Hubungan media pembelajaran terhadap mutu pembelajaran pada program studi terakreditasi A di FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Wahana-Bio: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 10(2), 118-130. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/wb.v10i2.11165

Novita, N., Mellyzar, & Herizal. 2020. Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan persepsi calon guru. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5(1), DOI: 10.36312/jisip.v5i1.1568.

Nugrahani, F. 2014. Metode penelitian kualitatif. Surakarta: Anonim.

Nur’ainah, Muazza, & Rahman. 2022. Persepsi guru tentang implementasi asesmen nasional sebagai alat evaluasi sistem pendidikan di MIN Batanghari. Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 411-426. DOI: 10.36088/manazhim.v4i2.1860.

Nurdyansyah. 2019. Media pembelajaran inovatif. Sidoarjo: Umsida Press.

Nurhalisa, S., Ma’rufi., & Baharuddin, M. R. 2021. Pengembangan media pembelajaran berbasis asesmen kompetensi minimum dan pemecahan masalah. Jurnal Literasi Digital, 1(3), 192-202. DOI: https://doi.org/10.54065/jld.1.3.2021.63

Nurhikmah, Hidayah I., & Kadarwati, S. 2021. Persepsi dan kesiapan guru dalam menghadapi asesmen kompetensi minimum. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(1), 78-83. DOI: https://doi.org/10.30605/cjpe.412021.1294

Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020a. AKM dan implikasinya pada pembelajaran. Jakarta : Kemendikbud.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020b. Asesmen nasional lembar tanya jawab. Jakarta : Kemendikbud.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Apa itu Asesmen Nasional? Jakarta: Kemdikbud, diunduh tanggal 19 Maret 2022, https://anbk.kemdikbud.go.id/#tentang

Rahayu, S., Rossari, D. V., Wangsanata, S. A., Saputri, N. E., & Saputri, N.D. 2021. Hambatan guru Sekolah Dasar dalam melaksanakan kurikulum sekolah penggerak dari sisi manajemen waktu dan ruang di era pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 5759-5768.

Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep asesmen kompetensi minimum untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik sekolah dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54-62. DOI: 10.23917/varidika.v33i1.14993.

Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., Sutomo., & Widarti, H. R. 2021. Analisis kesiapan peserta didik dan guru pada asesmen nasional (asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar). Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 61-71.

Sari, V. P., & Sayekti, I. C. 2022. Evaluasi pelaksanaan asesmen kompetensi minimum (AKM) pada kompetensi dasar literasi membaca peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5237-5243. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2907

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K.S., & Harjatanaya, T.Y. 2022. Panduan penguatan profil pelajar pancasila.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arfianto Wisnugroho, Haryanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id

 

web statistics View My Stats