KUALITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH: IMPLEMENTASI PEMANFAATAN MEDIA RADIO

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n1.p342--362

Anna Nurhayati(1*), Rohmadi Rohmadi(2)
(1) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(2) Universitas Muhammdiyah Ponorogo
(*) Corresponding Author

Abstract viewed : 1398 | PDF downloaded : 123

Abstract

This article is the result of research that aims to determine the use of radio media during distance learning on the quality of learning in Muhammadiyah Sapen Yogyakarta Elementary School. This type of case study research uses a qualitative descriptive approach. Data collection techniques used primary and secondary data by means of structured interviews and passive observation. Data analysis begins by summarizing the main points from interviews, documents and observations. The summary of selected data is narrated and compiled into a conclusion. The results showed that the process of providing Sapen Radio was technically divided into two, namely the provision of studio facilities and broadcast programs. The learning approach is student-centered, where learning is carried out directly interactively and combines media and modules developed by the teacher. The implementation of radio media at Muhammadiyah Sapen Elementary School is an alternative that has a positive impact in maintaining the quality of distance learning during the pandemic. This can be seen in terms of teachers in making lesson plans, preparing materials, using other supporting media, learning climate and student activities during learning using school radio


Abstrak

Pembelajaran jarak jauh merupakan metode pengajaran berbasis telekomunikasi interaktif yang menghubungkan antara guru dan peserta didik pada lokasi yang berbeda. Metode ini memudahkan komunikasi serta pemberian materi belajar. Artikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan mengetahui pemanfaatan media radio guna pembelajaran jarak jauh terhadap kualitas pembelajaran di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Jenis penelitian studi kasus menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder dengan cara wawancara terstruktur dan observasi pasif. Analisis data dimulai dengan merangkum hal-hal pokok dari salianan wawancara, dokumen dan catatan pengamatan. Rangkuman data terpilih dinarasikan dan disusun menjadi sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penyediaan media radio Sapen Radio secara teknis dibagi menjadi dua yaitu penyediaan sarana studio dan program siaran. Guru memanfaatkan sarana media radio dengan mengedepankan pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa, dimana pembelajaran dilakukan secara live interaktif serta menggabungkan antara media audio dan media cetak dengan bantuan buku paket dan modul yang dikembangkan oleh guru. Implementasi media radio di SD Muhammadiyah Sapen menjadi alternatif yang berdampak positif dalam mempertahankan kualitas pembelajaran jarak jauh selama pandemi. Hal ini terlihat dalam hal guru dalam membuat rancangan pembelajaran, penyiapan materi, penggunaan media pendukung lain, iklim pembelajaran serta aktivitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran menggunakan radio sekolah.

Keywords

distance learning; radio; quality of learning; pembelajaran jarak jauh; radio; kualitas pembelajaran; pembelajaran daring
--

Full Text:

PDF ***

References

Ahmadi, R. (2016). Metodologi Peneliian Kualitatif. Ar Rus Media.

Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan platform digital di masa pandemic Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1),298–303.

Betyka, F., Putra, A., & Erita, S. (2019). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Segitiga. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 179. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7684

Britannica, T. Editor Ensiklopedi (2023, 15 Maret). radio satelit . Ensiklopedia Britannica . https://www.britannica.com/technology/satellite-radio

Chomaidi, & Salamah. (2018). Pendidikan dan pengajaran: strategi pembelajaran sekolah. Grasindo.
Glantz, M. (2016). Internet radio adopts a human touch: a study of 12 streaming music services. Journal of Radio & Audio Media, 23(1), 36-49.

Haryanti, A. S. (2018). Penggunaan media gambar dan media radio pada pembelajaran menulis deskripsi siswa kelas X SMA Tunas

Harapan Balaraja-Tangerang. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2). https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2108

Hutami, E. R. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Bagi Siswa Sd, Guru, Dan Orangtua. Jurnal Ilmiah WUNY, 3(1).

Innayah, N. (2014). Radio edukasi sebagai salah satu sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 50. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v2n1.p50--62

Karwati, E., & Priansa, D. J. (2015). Manajemen kelas (classroom management): Guru profesional yang inspiratif, kreatif, menyenangkan, dan berprestasi. Alfabeta.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Jendral No. 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) (Issue 09).

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan media pembelajaran anak usia dini. Gunung Samudra.

Kustnadi, C., & Sutjipto, B. (2013). Media pembelajaran. Galia Indonesia.

Lu, J., & Churchill, D. (2014). Using social networking environments to support collaborative learning in a Chinese university class: Interaction pattern and influencing factors. Australasian Journal of Educational Technology, 30(4). https://doi.org/10.14742/ajet.655

Matthes, B., & Stoeger, H. (2018). Influence of parents’ implicit theories about ability on parents’ learning-related behaviors, children’s implicit theories, and children’s academic achievement. Contemporary Educational Psychology, 54, 271–280. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2018.07.001

Morissan, M. A. (2011). Manajemen media penyiaran : strategi mengelola radio dan televisi. Kencana.

Nugroho, A., Hawanti, S., & Pamungkas, B. T. (2021). Kontribusi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Siswa Selama Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 5(4), 1690– 1699. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.969

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2018). Efektivitas media pembelajaran berbasis video pembelajaran dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala pembelajaran daring selama pandemic covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 286-291).

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using learning media to increase learning motivation in elementary school. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Qoriawati, U. (2021). Upaya peningkatan kualitas pembelajaran daring bagi peserta didik MI/SD pada masa pandemi Covid-19. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(1), 10–17. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i1.769

Rachmawati, Y., Ma’arif, M., Fadhillah, N., Inayah, N., Ummah, K., Siregar, M. N. F., Amalyaningsih, R., C., F. A. A., & F., A. A. (2020). Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan Ipa Saat Masa Pandemi Covid-19 Di Uin Sunan Ampel Surabaya. Indonesian Journal Of Science Learning, Volume 1,(1), 32–36.

Sahronih, S., Purwanto, A., & Sumantri, M. S. (2020). The effect of use interactive learning media environment-based and learning motivation on science learning outcomes. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(3). https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i3.2429

Setyosari, P. (2017). Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020

Sudjana, N. (2016). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung. Rosdakarya.

Sugiyono. (2017).Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinanta, N.S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Rosdakarya

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Ullah, R., & Khan, A. U. (2017). Role of FM radio in education (a case study of FM radio in Peshawar). Journal of Social Sciences and Humanity Studies, 3(3), 9–16.

Warso, A. W. D. D. (2016). Penjaminan mutu proses pembelajaran disatuan pendidikan dasar & menengah. Graha Cendikia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anna Nurhayati, Rohmadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id

 

web statistics View My Stats