KOLABORASI ANTARA ORANG TUA DAN GURU DALAM MENUMBUHKAN LITERASI MEMBACA MELALUI PROGRAM MAJALAH DINDING S D NEGERI 1 CELEP
Fariz Rafdan Bimantara(1), Nur Amalia(2*)
(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 1904 | PDF downloaded : 290
Abstract
Parents and teachers find it very difficult to foster a culture of reading literacy in students. Reading books is very important. Low reading interest in students can result in decreased learning outcomes. Therefore, collaboration between parents and teachers is very important in increasing students' interest in reading through wall magazines. This study aims to describe the collaboration between parents and teachers in fostering reading literacy through the wall magazine program. The type of research used is qualitative research with a phenomenological research design. Data collection techniques used were observation and interviews, and data validity was carried out by source and technique triangulation. Based on the results of research at SD Negeri 1 Celep, it was found that low interest in reading was caused by the influence of gadgets and the absence of parental guidance. One of the efforts made by parents and teachers to increase students' interest in reading is through the wall magazine program. In addition to providing motivation for the importance of reading, there is guidance from parents, making books available in the library, making a literacy tree and making a study schedule.
Abstrak
Orang tua dan guru sangat kesulitan dalam menumbuhkan budaya literasi membaca pada peserta didik. Membaca buku sangatlah penting. Minat membaca rendah pada peserta didik dapat mengakibatkan hasil belajar turun. Oleh karena itu, kolaborasi antara orang tua dan guru sangat penting dalam meningkatkan minat membaca pada peserta didik yaitu melalui majalah dinding. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait kolaborasi antara orang tua dan guru dalam menumbuhkan literasi membaca melalui program majalah dinding. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, serta validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian di SD Negeri 1 Celep memperoleh hasil bahwa minat membaca rendah diakibatkan oleh pengaruh gadget dan tidak adanya bimbingan orang tua. Upaya yang dilakukan orang tua dan guru untuk meningkatkan minat membaca peserta didik adalah salah satunya melalui program majalah dinding. Selain itu memberikan motivasi akan pentingnya membaca, adanya bimbingan dari orang tua, membuat buku hadir perpustakaan, membuat pohon literasi dan membuat jadwal belajar.
Keywords
References
Ali Muhsin. (2019). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an Di Tpq Miftahul Ulum Nglele Sumobito Jombang. Al Murabbi, 4(2), 177–200. https://doi.org/10.35891/amb.v4i2.1441
Anggraeni, R. N., Fakhriyah, F., & Ahsin, M. N. (2021). Peran orang tua sebagai fasilitator anak dalam proses pembelajaran online di rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 105. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.105-117
Badruttamam, C. A., Hidayati, Z., & Efendi, N. W. (2018). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Terhadap Peserta Didik. 10(02), 123–132.
Erwinsah, E., Solin, M., & Adisaputera, A. (2020). The Concept of School Literacy Movement Through Reading Time at SDIT Raudaturrahmah Pekanbaru. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(1), 145–157. https://doi.org/10.33258/birle.v2i1.204
Gusdiyanto, H., Victoria, A., Ardiyanto, D., & Fachrozi, I. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas.
Irdawati, Yunidar, D. D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Online, 5(4), 4–13. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13900/
Irman syarif, E. (2020). Pengadaan Taman Baca Dan Perpustakaan Keliling Sebagai Solusi Cerdas Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SDN 30 Parombean Kecamatan Curio. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 109–117.
Jatiningsih, O., Habibah, S. M., Wijaya, R., & Sari, M. M. K. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Pada Masa Belajar Dari Rumah. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(1), 147. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i1.29943
Jatnika, S. A. (2019). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 1–6. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.18112
Khusna, F. N., Fitriana, D., Amalia, N. N., Rahmawati, F. P., & Utami, R. D. (2021). Ladies Program: Media Komunikasi Pembelajaran Dan Budaya Belajar Antara Orang Tua Dan Guru Di Sekolah. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 3(1), 77–85. https://doi.org/10.23917/blbs.v3i1.14161
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Lina, V. B., & Sadipun, B. (2021). Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Minat Membaca Peserta Didik Kelas IV di SDK Ndona 2 Kecamatan Ndona Kabupaten Ende. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 370–380. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1393
Nida, A. A., & Kuntari, S. (2021). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Anak Belajar Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(1), 93–105.
Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 3(2), 57–75. https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992
Nugraha, A. P., MS, Z., & Bintoro, T. (2018). Hubungan Minat Membaca dan Kemampuan Memahami Wacana dengan Keterampilan Menulis Narasi. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 19. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11647
Rismala, Y., Aguswan, Priyantoro, D. E., & Suryadi. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 1(01), 46–55. https://doi.org/10.56872/elathfal.v1i01.273
Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 156–160.
Sukarni, & Prihatni, Y. (2018). Kontribusi pembelajaran disiplin belajar , fasilitas belajar di rumah , dan perhatian orang tua terhadap prestasi siswa ilmu pengetahuan alam. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 92–101.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Fariz Rafdan Bimantara, Nur Amalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id