PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI PEMBUATAN CELANA ANAK

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n1.p509--523

Dian Retnasari(1*), Chytra Mahanani(2), Laila Nurul Himmah(3)
(1) Jurusan Pendidikan Teknik Boga Busana, Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(3) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract viewed : 1439 | PDF downloaded : 155

Abstract

The learning process requires learning media in an effort to increase student motivation and competence. In children's fashion learning, the basic competence of making pants is considered quite difficult by students; this is shown by the results of unsatisfactory student competence and low learning motivation. So it is important to develop interactive multimedia to help students learn. This research aims to develop learning media and test their feasibility. The development method used is 4D, namely define, design, develop, and disseminate. The results of the feasibility assessment of learning media based on the opinions of material experts received a percentage of 89% and were included in the "Very Feasible" category. And the assessment results based on student opinions obtained a percentage of 87%, which means that multimedia can help students understand children's material. Thus, it can be concluded that the media can be used to improve student competence in making children's pants.

 

Abstrak

Proses pembelajaran membutuhkan media pembelajaran sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar dan kompetensi mahasiswa. Pada pembelajaran busana anak, kompetensi dasar pembuatan celana dianggap cukup sulit oleh mahasiswa, hal ini ditunjukkan dari hasil kompetensi mahasiswa yang kurang memuaskan dan motivasi belajar yang rendah. Sehingga penting dikembangkan multimedia interaktif yang dapat membantu mahasiswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dan menguji kelayakannya. Metode pengembangan yang digunakan adalah 4D yaitu define, design, develop, disseminate. Hasil penilaian kelayakan media pembelajaran berdasarkan pendapat ahli media memperoleh prosentase sebesar 96% dan termasuk dalam kategori “Sangat layak”. Hasil penilaian kelayakan media pembelajaran berdasarkan pendapat ahli materi mendapat prosentase sebesar 89% dan termasuk dalam kategori “Sangat layak”. Dan hasil penilaian berdasarkan pendapat mahasiswa memperoleh prosentase sebesar 87% yang artinya multimedia dapat membantu siswa memahami materi celana anak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam materi pembuatan celana anak.

Keywords

development; multimedia; interactive; pengembangan; multimedia; interaktif
--

Full Text:

PDF ***

References

. R., & Mursid, R. (2016). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Strategi Pbl Pada Mata Pelajaran Pattern Making (Membuat Pola) Kelas X Busana Smkn 8 Medan. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 3(1), 80–92. https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i1.5007

A. Suryanti, I.N.A.S. Putra, & F. Nurrahman. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Energi Alternatif Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 147–156. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.651

Abbaszadeh, M., Alizadeh Aghdam, M. B., Pourhosein, R., & Nasrolahi Vosta, L. (2019). Technological media and development: A systematic mapping study and research agenda. Information Technology and People, 32(3), 478–515. https://doi.org/10.1108/ITP-11-2017-0383

Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam | Computer Based Information System Journal. CBIS Journal, 3(2), 1–13.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Asghar, M. Z., Barbera, E., Rasool, S. F., Seitamaa-Hakkarainen, P., & Mohelská, H. (2023). Adoption of social media-based knowledge-sharing behaviour and authentic leadership development: evidence from the educational sector of Pakistan during COVID-19. Journal of Knowledge Management, 27(1), 59–83. https://doi.org/10.1108/JKM-11-2021-0892

Burke, K., Aytes, K., & Chidambaram, L. (2001). Media effects on the development of cohesion and process satisfaction in workgroups An analysis of results from two. Information Technology & People, 14(2), 122–141.

Daud, F., & Rahmadana, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis E-Learning Pada Materi Ekskresi Kelas XI IPA 3 Sman 4 Makassar. Jurnal Bionature, 16(1), 28–36. https://ojs.unm.ac.id/bionature/article/view/1566/630

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660

Fitria, A. D., Mustami, M. K., & Taufiq, A. U. (2017). Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal Pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X di SMA 1 Pitu Riase Kab. Sidrap. Jllurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 14–28. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/download/5176/4669

Fuyukama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society. JAPAN Spotlight, August, 47–50. http://www8.cao.go.jp/cstp/

Ginting, F. B., Wesnina, W., & Soeprijanto, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pola Konstruksi Busana Wanita dalam Bentuk Video Animasi Interaktif. Journal of Animation and Games Studies, 8(1), 1–26. https://doi.org/10.24821/jags.v8i1.6176

Halim, W., & Mudjihartono, P. (2022). Kecerdasan Buatan dalam Teknologi Kedokteran: Survey Paper. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1).

Marianus Subandowo. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 09(1), 24–35.

Muafiah, A. F. (2019). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 8(5), 55.

Nana sudjana & Ahmad Rivai. (2013). Media Pengajaran. Sinar Baru Algesindo.

Novialdi, N., Zubaidah Amir MZ, & Thahir, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Siswa SMK Negeri 5 Pekanbaru. Milenial: Journal for Teachers and Learning, 1(1), 25–33. https://doi.org/10.55748/mjtl.v1i1.18

Qonita, J. S. A. (2022). Peranan Teknologi Artificial Intelligence Di Era Revolusi Industri 4.0. Universitas Bina Darma. http://eprints.binadarma.ac.id/15966/%0Ahttp://eprints.binadarma.ac.id/15966/1/PERANAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.pdf

Salsabila, A. Y., & Hadijah, I. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Kuliah Crochet Program Studi D3 Tata Busana Universitas Negeri Malang. 11, 20–25.

Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Barisan Dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5964

Simbolon, J., Haidir, H., & Daulay, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 05 Medan. Kompetensi, 12(2), 116–121. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i2.25

Sola, E., Bahtiar, I. A., Musdalifa, & Sudarman, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa MPI Kelas B Semester IV UIN Alauddin Makassar. Educational Leadership, 2(1), 48–61.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Suyitno, S., Widianto, I., & Masrul, S. B. (2018). Development of Learning Media for the Course of Two-Stroke Gasoline Motors to Improve Students’ Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 24(1), 83–90. https://doi.org/10.21831/jptk.v24i1.18008

Wening, S. (2017). Revitalisasi Pendidikan Vokasi Melalui Inovasi Sistem Penilaian Berbasis Kecakapan Abad Ke-21. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 1–6. https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/33341

Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112

Yunarti, S., & Harmaningsih, D. (2022). Proyeksi Masyarakat 5 . 0 Melalui Model Pembelajaran Berlandaskan HOTS Di Perguruan Tinggi. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(1), 94–101.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dian Retnasari, Chytra Mahanani, Laila Nurul Himmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id

 

web statistics View My Stats