PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) BERBASIS PROYEK TERHADAP LITERASI SAINS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS CENDERAWASIH JAYAPURA

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n2.p604--615

Tanta Tanta(1*)
(1) Universitas Cenderawasih
(*) Corresponding Author

Abstract viewed : 1113 | PDF downloaded : 157

Abstract

This study aims to find out and prove whether there is an influence of the project-based Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model on the scientific literacy abilities of biology education students at Cenderawasih University, Jayapura. If there is, then the results will be used as a comparison with conventional learning models that are applied as usual. The research was conducted against a background of problems in the form of preliminary observations which saw that learning was only centered on the lecturer, so it was not effective and concluded that this also affected students' scientific literacy skills. This study uses a quantitative approach, which uses descriptive statistics to explain test results as well as observation and parametric inferential statistics using SPSS Version 27 which consists of normality tests, homogeneity tests and hypothesis testing using the Independent Sample T Test. In the final test results, the results of the t test were obtained, where 7,114 > 2,024 and a significance of 0.001 <0.05, then H0 is DENIED, it can be concluded that there is an influence of the project-based CTL learning model on student scientific literacy Biology Education, Cenderawasih University Jayapura (Ha).

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis proyek terhadap kemampuan literasi sains mahasiswa pendidikan biologi di Universitas Cenderawasih jayapura. Jika ada, maka hasilnya akan dijadikan pembanding dengan model pembelajaran konvensional yang diterapkan seperti biasa. Penelitian dilakukan dengan latar belakang masalah berupa hasil pengamatan awal yang melihat pembelajaran hanya berpusat kepada dosen, sehingga tidak efektif dan menyimpulkan bahwa hal tersebut juga berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains mahasiwa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana menggunakan statistik deskriptif untuk penjelasan hasil tes serta observasi dan statistik inferensial parametrik menggunakan SPSS Versi 27 yang terdiri atas uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan Independen Sample T Test. Pada hasil pengujian akhir yaitu uji hipotesis yang menggunakan Independen Sample T Test, didapatkan hasil pengujian t, dimana 7.114 > 2.024 dan signifikasi 0,001 < 0,05, maka H0 DITOLAK, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran CTL berbasis proyek terhadap literasi sains mahasiswa Pendidikan Biologi, Universitas Cenderawasih Jayapura (Ha).

Keywords

Contextual Teaching Learning (CTL); Literasi Sains; Mahasiswa Biologi; Contextual Teaching Learning (CTL); Science Literacy; Biology Students
--

Full Text:

PDF ***

References

Advernesia. (n.d.). Cara Uji Normalitas SPSS Shapiro Wilk dan Kolmogorov Smirnov. Retrieved June 27, 2022, from https://www.advernesia.com/blog/spss/cara-uji-normalitas-spss-shapiro-wilk-dan-kolmogorov-smirnov/

Arini, L., Rizqi, N. R., & Lubis, R. I. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Kemampuan Representasi Siswa. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 32–38. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i1.90

Emzir. (2008). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF (Edisi Revi). PT. RajaGrafindo Perkasa.

Fallis, A. . (2013). Studi Pendahuluan dalam Penelitian. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Fransisca Nur’aini, Ikhya Ulumuddin, Lisna Sulinar Sari, sisca F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018. Pusat Penelitian Kebijakan, 3(April), 1–8.

Hanifah, N. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. Gerakan Literasi Nasional, 1–36.

Novitasari, N. (2018). Profil Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Biologi. Biosfer : Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 36. https://doi.org/10.24042/biosf.v9i1.2877

Priyatno, D. (2017). Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Penerbit ANDI.

Puspita sari, Y. E. (n.d.). Mengenal Uji Homogenitas sebagai Pengujian Asumsi dalam Uji Parametrik Tertentu | Laboratorium Analisis Data dan Rekaya Kualitas. Retrieved June 27, 2022, from https://lab_adrk.ub.ac.id/id/mengenal-uji-homogenitas-sebagai-pengujian-asumsi-dalam-uji-parametrik-tertentu/

Raharjo, S. (n.d.). Cara Uji Independent Sample T-Test dan Interpretasi dengan SPSS - SPSS Indonesia. Retrieved June 27, 2022, from http://www.spssindonesia.com/2015/05/cara-uji-independent-sample-t-test-dan.html

Safnowandi, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Literasi Sains Siswa. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 40–54. https://doi.org/10.32938/jbe.v6i1.831

Saputri, D. O. (2016). Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning ( Ctl ) Berbasis Proyek Terhadap Literasi Sains Siswa Pada Materi Koloid.

Sarah fazilla. (2016). Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pgsd Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Sains. None, 3(2), 22–28.

Setyawan, D. A. (2020). Petunjuk Praktikum Uji Normalitas & Uji Homogenitas Data dengan SPSS. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Supardi, S. (1993). Populasi dan Sampel Penelitian. Unisia, 13(17), 100–108. https://doi.org/10.20885/unisia.vol13.iss17.art13

Surata, I. K., & Marhaeni, I. G. A. A. N. D. (2019). PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND Contextual Teaching and Learning (CTL) BERBASIS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR BIOLOGI Contextual Teaching and Learning (CTL) Approaches Based On Student Worksheet to Improve Biolog. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 114–121. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/article/view/1135/824

Wayan Rati, N., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71.

Winata, Anggun dan Cacik sri, I. S. R. W. (2016). Education and Human Development Journal, Vol. 01. No. 01, September 2016. Education and Human Development Journal, Vol. 01. No. 01, September 2016, 01(01).

Yamin, H. M. (2013). Strategi & Metode Dalam Model Pembelajaran. Referensi (GP Press Group).

Yaniawati, R. P. (2020). Problematika & Strategi Penyusunan Proposal Penelitian Kemristek/ Brin. https://www.lldikti4.or.id/wp-content/uploads/2020/08/PROBLEMATIKA-STRATEGI-PENYUSUNAN-PROPOSAL.pdf

Yuyu, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28.

Zuriyani, E. (2017). Literasi Sains Dan Pendidikan. Jurnal Sains Dan Pendidikan, 13. https://sumsel.kemenag.go.id/files/sumsel/file/file/TULISAN/wagj1343099486.pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tanta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id

 

web statistics View My Stats