PEMANFAATAN SYAIR GULUNG DAN WORDWALL PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERBASIS PELAJAR PANCASILA PADA SEKOLAH PENGGERAK

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n1.p127--146

Syahroni Syahroni(1*), Andayani Andayani(2), Raheni Suhita(3)
(1) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(2) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(3) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract viewed : 1151 | PDF downloaded : 156

Abstract

Writing competencies demand mastery of other language skills, as writing is perceived to be the most significant aspect of language, especially poetry, which has distinct characteristics. However, despite the fact that learning to write poetry is challenging, it plays a crucial role in literature and education. In this regard, it can affect students' character and personality, broaden their perspectives on life, and improve their language skills. In order to achieve the predetermined goals, contextual learning materials and media must be tailored to the nature and needs of the students. In the context of this research, the materials were ancient poetry texts in the form of verses synchronized with the Wordwall media. The incorporated material and media were determined based on the Pancasila student profile. Researchers employed a qualitative research design with a descriptive method. The study was conducted in three senior high schools in North Kayong Regency, West Kalimantan Province, which implemented the Sekolah Penggerak program. Three Indonesian language teachers and nine students from the three schools participated in this research. The results demonstrated the significance of six Syair Gulung containing Pancasila student profiles that were deemed practical and entertaining as learning materials. Thus, the combination of Syair Gulung and the Wordwall media was viewed as effective for teaching students how to write poetry.

 

Abstrak

Menguasai keterampilan menulis harus menguasai keterampilan berbahasa lainnya, karena menulis merupakan aspek kebahasaan tertinggi. Terlebih lagi menulis puisi yang memiliki sifat bahasa yang khas. Namun demikian, walaupun pembelajaran menulis puisi yang merupakan pembelajaran dengan kategori rumit, namun memiliki peranan penting dalam sastra dan dunia pendidikan. Peran tersebut dapat mempengaruhi watak, kepribadian, memperluas wawasan kehidupan, dan meningkatkan kemampuan berbahasa murid. Dalam hal pemenuhan tujuan pembelajaran tersebut diperlukan materi dan media pembelajaran yang kontekstual sesuai kodrat dan kebutuhan murid. Materi tersebut berupa teks puisi lama berbentuk syair yang dielaraskan dengan media wordwall. Materi dan media tersebut sebagai bentuk pembelajaran berdeferensiasi dengan basis profil pelajar Pancasila. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan bentuk deskriptif. Sasaran penelitian ini adalah sekolah penggerak tingkat SMA di Kabupaten Kayong Utara Provinsi Kalimantan Barat yang berjumlah 3 sekolah. Subyek penelitian ini adalah 3 guru bahasa Indonesia serta 9 murid yang berasal dari 3 sekolah. Hasil penelitian ini mendeskripsikan makna 6 syair gulung yang memiliki kandungan profil pelajar Pancasila yang efektif dan menyenangkan untuk digunakan sebagai materi pembelajaran. Syair gulung dengan media wordwall merupakan kombinasi yang berdampak pada terpenuhinya kebutuhan murid dalam pembelajaran menulis puisi.

Keywords

wordwall; poetry writing; pancasila student profiles; syair gulung; menulis puisi; pelajar pancasila; sekolah penggerak
--

Full Text:

PDF ***

References

Abduh, N. K. (2018). Pemanfaatan Teknik Akrostik untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 11(1), 40. https://doi.org/10.26858/retorika.v11i1.4979

Aditomo, A. (2022). Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi/Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada kurikulum Merdeka. Https://Bskap.Kemdikbud.Go.Id/.

Agustin, E. Y., Hasanah, M., & Dermawan, T. (2019). Pengembangan Modul Menulis Puisi Lingkungan Menggunakan Strategi 5M. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(12), 1610. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i12.13064

Andriyana, A., & Hidayat, A. (2021). Puisi Bertema Corona Karya Joko Pinurbo Sebagai Bahan Ajar Kontekstual Menulis Puisi. Indonesian Language Education and Literature, 7(1), 167. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i1.7769

Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., Subandiyo, M., & Amalina, N. (2019). Exploring obstacles in language learning: Prospective primary school teacher in Indonesia. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(2), 249. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.16700

Astuti, V. W. (2021, June 30). Pembelajaran Berdiferensiasi dan Penerapannya di Kelas. Https://Ayoguruberbagi.Kemdikbud.Go.Id/Artikel/Pembelajaran-Berdiferensiasi-Dan-Penerapannya-Di-Kelas/.

Dewantara, K. H. (2009). Menuju Manusia Merdeka (Abdul Aziz Saefudin & M. Solahudin, Eds.). Leutika.

Faatin, N. A., & Rusnilawati, Nf. (2022). Pengembangan Media Digital Wordwall Ditinjau dari Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Materi Operasi Bilangan Kelas VI. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 221. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v10n2.p221--238

Hasram, S., Nasir, M. K. M., Mohamad, M., Daud, Md. Y., Rahman, M. J. A., & Mohammad, W. M. R. W. (2021). The Effects of WordWall Online Games (WOW) on English Language Vocabulary Learning Among Year 5 Pupils. Theory and Practice in Language Studies, 11(9), 1059–1066. https://doi.org/10.17507/tpls.1109.11

Kuswono, B. H. (2020, December 3). Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara. Https://Ayoguruberbagi.Kemdikbud.Go.Id/.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook (Edition 3). Sage Publication.

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005

Nugrahani, F. (2017). The Development of Film-Based Literary Materials Which Support Character Education. Cakrawala Pendidikan, 3. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/14219

Pradopo, R. D. (2018). Pengkajian Puisi (cetakan kelimabelas). Gadjah Mada University Press.

Pratiwi, D. Y., Maryaeni, & Suwignyo, H. (2016). Kreativitas Siswa dalam Menulis Puisi. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Malang, 1 Nomor 5(5), 835–843. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6265

Prensky, M. (2001). Digital Natives, Digital Immigrants (Vol. 9, Issue 5). MCB University Press.

Purbarani, E., Ghazali, A. S., & Widiati, N. (2019). Strategi Pembelajaran Menulis Puisi Reflektif untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Malang, 4 Nomor 1(1), 124–136. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Putra, S. D., Aryani, D., & Ariessanti, H. D. (2021). Pelatihan Aplikasi Game Edukasi Kahoot Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid 19. TERANG, 4(1), 116–124. https://doi.org/10.33322/terang.v4i1.1449

Rahmayantis, M. D., & Nurlailiyah, N. (2021). Pengembangan Materi Bahan Ajar Menulis Puisi dengan Menggunakan Teknik Temodelan di SMPN 1 Tulungagung. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 6(2), 243–254. https://doi.org/10.22219/kembara.v6i2.14025

Ratih, D., & Suryana, A. (2020). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Leuweung Gede Kampung Kuta Ciamis dalam Mengembangkan Green Bihavior untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa. Jurnal Artefak, 7(2), 79. https://doi.org/10.25157/ja.v7i2.4199

Riyanti, D., Irfani, S., & Prasetyo, D. (2021). Pendidikan Berbasis Budaya Nasional Warisan Ki Hajar Dewantara. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 345–354. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1833

Septiaji, A. (2018). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter dalam Teks Sastra Tradisional Melalui Media Peta Pikiran Digital Sebagai Inovasi Pembelajaran Bagi Guru Pendidikan Dasar. Diglosia, 2(1). https://jurnal.unma.ac.id/index.php/dl/article/view/427/403

Setyaningrum, N. D. B. (2018). Budaya Lokal di Era Global. Ekspresi Seni, 20(2), 102. https://doi.org/10.26887/ekse.v20i2.392

Soeparno. (2020). Peristiwa Sastra Melayu Lama. PT Widya Duta Grafika.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D (Cetakan ke-26). Alfabeta.

Sulhan, M. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Visipena Journal, 9(1), 159–172. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.450

Sutejo, & Kasnadi. (2016). Menulis Kreatif Kiat Cepat Menulis Puisi dan Cerpen (A. W. T. Pramudita, Ed.). Terakata.

Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758

Triswanto, D., Mujiyanto, G., & Ivana, L. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Teknik Akrostik. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 126–138. https://doi.org/10.15408/dialektika.v6i2.11039

Yin, R. K. (2014). Case Study Research Design and Methods Fourth Edition (Vol. 5).

Yin, R. K. (2015). Qualitative Research from Start to Finish.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syahroni, Andayani, Raheni Suhita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id

 

web statistics View My Stats