PENGEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS TIK PADA SEKOLAH DI DAERAH 3T PAPUA DAN PAPUA BARAT MELALUI PENDAMPINGAN JARAK JAUH

Ade Koesnandar

Abstract


Since 2015, the Ministry of Education and Culture in cooperation with the Ministry of Information and Communication has been granting internet access to schools in 3T (front, remote, and left) areas. Besides internet access, some schools are also granted with ICT (information and communication technology) equipment such as laptop, LCD projector, and server that has been installed with digital learning content. The purpose of this grant is to enhance the education quality improvement, especially in terms of the provision of access to learning sources as well as ICT-based learning innovation development. To optimally ICT utilization, the teachers and ICT technicians at the schools are provided with a short training. After the installation and training, the schools should ideally be assisted continuously. However, because of the distance and communication problems, the program cannot be monitored for its continuity. Therefore, a distant assistance method needs to be developed. This research is the program development to create a distant assistance system model by using the ICT itself. As the pioneer, the location of the development research is at schools in Papua and Papua Barat receiving grant of ICT equipment. The development steps are: problem identification, data collecting, problem formulating, solution model determination, preparing the material, implementation, and evaluation. The development is designed as a continuous cycle, where improvement is carried out in every cycle. This writing is the report of first development, that will be continued into the next cycle. The result of the first cycle are: ) a number of field findings have been identified related to the use of ICT equipment in schools; a trial of distant learning assistance through video conference has been carried out and a lab room for learning innovation development has been develoved; and a distant assistance model of ICT usage has been formulated.

Abstrak
Sejak tahun 2015, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Kementerian Informasi dan Komunikasi telah memberikan bantuan akses internet untuk sekolah-sekolah di daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal). Selain bantuan koneksi internet, untuk sejumlah sekolah diberikan pula bantuan perangkat TIK (teknologi informasi dan komunikasi) berupa komputer laptop, LCD projector, serta server yang telah berisi konten-konten pembelajaran digital. Tujuan pemberian bantuan ini adalah dalam rangka mendorong percepatan peningkatan kualitas pendidikan, khususnya dalam hal penyediaan akses ke sumber-sumber belajar serta pengembangan inovasi pembelajaran berbasis TIK. Agar pemanfaatan TIK lebih optimal, telah diberikan pula pelatihan singkat bagi guru-guru dan para pengelola TIK di sekolah-sekolah penerima bantuan. Setelah instalasi dan pelatihan, idealnya dilakukan pendampingan dan bimbingan secara kontinyu. Namun demikian, kesenjangan jarak dan kesulitan komunikasi seringkali mengakibatkan program bantuan tersebut tidak dapat dimonitor keberlangsungannya. Untuk itu, maka perlu dikembangkan suatu cara pendampingan yang di dalam artikel ini disebut sebagai pendampingan jarak jauh. Kegiatan ini merupakan pengembangan program yang bertujuan untuk menghasilkan model sistem pendampingan jarak jauh dengan memanfaatkan TIK itu sendiri. Sebagai piloting (perintisan) lokus penelitian pengembangan di sekolah-sekolah penerima bantuan TIK yang berada di wilayah Papua dan Papua Barat. Langkah-langkah pengembangan terdiri dari: identifikasi masalah, pengumpulan data, merumuskan masalah, menentukan model solusi, menyiapkan bahan, implementasi, dan evaluasi. Pengembangan ini dirancang sebagai siklus yang berkelanjutan di mana pada setiap siklus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Tulisan ini merupakan laporan pengembangan tahap pertama, yang akan dilanjutkan pada pengembangan tahap selanjutnya. Beberapa hasil dari tahap pertama ini, antara lain: telah teridentifikasi sejumlah masalah temuan lapangan terkait pemanfaatan perangkat TIK di sekolah, telah dilakukan uji coba pendampingan jarak jauh melalui video conference dan telah dibangun sebuah ruang lab pengembangan inovasi pembelajaran, dan telah dirumuskan sebuah model pendampingan pemanfaatan TIK melalui pembelajaran jarak jauh.

 


Keywords


distance learning assistance; ICT for 3T areas; video conferencing; PJJ applications; and remote assistence models; pendampingan pembelajaran jarak jauh; TIK untuk daerah 3T; video conference; aplikasi PJJ; dan model pendampingan jarak jauh.

Full Text:

PDF

References


Creswell, John W. 2012. Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Qualitative and Quantitative Research, Four Edition, Boston: Pearson.

Haroshid, Harun, 2017. Kurikulum 2013 Revisi 2017, (paparan pdf.) Jakarta: Puskurbuk-Balitbang, Kemendikbud.https://docplayer.info/57639039-Kurikulum-2013-revisi-2017-harun-harosid.html (diakses 27 11 18).

Jeffrey, M Lynn, John Milne, and and Gordon Suddaby, 2014. Blended Learning: How Teachers Balance the Blend of Online and Clasroom Components, Jurnal of Information Technology Education; Research, Vol 13, 2014.http://www.jite.org/documents/Vol13/JITEv13ResearchP121-140Jeffrey0460.pdf (diakses 27 11 18)

Pustekkom, 2015. Nota kesepahaman antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika nomor 583/M.KOMINFO/HK.03.02/ 8/2015, nomor 06/VIII/NK/2015 tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Nurhayati, Ai Sri. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Project-Based Learning, Modul Pelatihan, Ciputat-Tangerang Selatan: Pustekkom Kemdikbud.

Purwanto, dkk., 2009. Tigapuluh Tahun Kiprah Pustekkom dalam Pendidikan. Ciputat-Tangerang Selatan: Pustekkom-Depdiknas.

Santoso, Ari. 2017. Program Akses Internet Redesain USO untuk Pendidikan, Paparan dalam bentuk powerpoints (ppt). Tidak Dipublikasikan.

Siahaan, Sudirman dan Rivalina, Rahmi. 2012. Perkembangan Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh di Indonesia, Jurnal Teknodik Vol. 16 No. 1, Maret 2012, hal. 59-72.

Subroto, 2013. Peran dan Tantangan TIK (Internet) dalam Pembangunan Pendidikan, Jurnal Teknodik, Vol. 19 No. 2, Agustus 2015.

Panen, Paulin. 2016. Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh dan E-learning di Indonesia, Kemenritek Dikti, Paparan pdf, http://kopertis3.or.id/v2/wpcontent/uploads/Paulina-Pannen-Kebijakan-PJJ-dan-Elearning.pdf (diakses 26 11 18).

Peraturan Pemerintah No 78 tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Daerah Terting-gal,www.hukumonline.com/ pusatdata/download/ (diunduh 13 Nov 2018).

Permendikbud No. 72 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pneidikan Layanan Khusus, http://pelayanan.jakarta.go.id/download (diunduh 13 Nov 2018).

Undang Undang No. 20 tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. http://kelembagaan. ristekdikti. go.id/wp-content/ uploads/2016/ 08/UU_no_20_th_2003.pdf (diakses 27 11 18).

Wahono, Romy Satria, 2008. Meluruskan Salah Kaprah tentang E-learning, http://romisatria-wahono.net/2008/01/23/meluruskan-salah-kaprah-tentang-e-learning/ (diakses 26 11 18)

Waldopo, 2013. Studi Evaluatif Respon Terhadap TIK untuk Pembelajaran di Daerah Perbatasan, Jurnal Teknodik Vol. 17 No. 4, Desember 2013.




DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p177--198
Abstract views : 72 | PDF views : 30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Kwangsan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD PKP Index Indonesia One SearchCrossref Garda Rujukan Digital

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo 
Ds. Kwangsan 
Sedati - Sidoarjo 
Telp 0318911373 
Fax. 0318911392

Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

 

View My Stats